Aki Mobil

Aki mobil- Komponen penting pada kendaraan bermotor seperti mobil salah satunya adalah Aki (Accu). Komponen ini berfungsi sebagai penyimpan energi listrik, dan untuk penyuplai kelistrikan pada mobil. Mulai dari starter ,lampu, klakson, audio & accecoris lainya.

MENGENAL JENIS JENIS AKI MOBIL

Aki mobil yang familiar di masyarakat yakni jenis aki basah dan aki kering. Aki basah dan kering sebenarnya masih sama-sama menggunakan elektroda dengan jenis dan bentuk yang berbeda. Elektroda pada aki kering berbentuk seperti gel, sementara elektroda pada aki basah bersifat cair. Akan tetapi, aki sebenarnya memiliki jenis yang beragam, tidak hanya aki kering dan basah. Berikut ini jenis-jenis aki pada mobil berdasarkan tipenya:

1. AKI BASAH

Aki basah merupakan merupakan aki yang mengandung cairan elektrolit berupa asam sulfat. Aki basah juga mengandung timah antimony yang berguna sebagai penguat timbal. Aki basah ketika digunakan maka akan mengalami penguapan. Karena terjadi penguapan terus-menerus maka cairan elektrolit akan berkurang. Oleh sebab itu aki basah memerlukan perawatan rutin, yaitu penambahan air aki secara berkala dan pengontrolan volume air aki. Untuk standar perawatan penambahan air aki bisa 1 atau 2 bulan sekali. Nah untuk pembelian aki basah di CS AKI kami memberikan garansi perawatan penambahan air aki GRATIS seumur hidup aki. Yuk order sekarang di CS AKI.

2. AKI KERING (Maintenance Free)

Aki kering atau biasa juga disebut juga MF ( Maintenance Free) yang berarti bebas perawatan. Artinya pemilik mobil tidak perlu merawat aki, tidak perlu repot-repot mengontrol dan menambahkan air aki. Tidak seperti aki basah yang harus dirawat setiap bulan. Menggunakan aki kering sangatlah simpel, karena cairan elektrolit pada aki kering hanya berlaku 1 kali pakai. Kenapa demikian? Karena pada saat terjadi penguapan, cairan yang masih mengandung zat elektrolit tersebut akan terkumpul pada langit-langit sparator. Dan cairan elektrolit akan turun lagi ke sparator ketika kondisi aki berada pada suhu dingin.

Untuk umur aki kering tidak jauh berbeda dengan aki basah, yaitu relatif umur aki 2-3 tahun. Jika dilihat dari segi harga memang aki kering lebih mahal daripada aki basah. Walaupun aki kering cenderung lebih mahal tapi aki kering ini memiliki kelebihan tersendiri. Yaitu bebas perawatan, lebih efisien, lebih menghemat waktu, tahan korosi, dan lebih hemat biaya perawatan.

AKI HYBRID

Pernahkah anda mendengar yang namanya aki hybrid? Ya, selain aki basah dan aki kering, ada lagi satu jenis aki yang berteknologi hybrid. Aki yang satu ini memiliki keunggulan dan kelebihan menarik. Aki jenis hybrid ini bisa dibilang merupakan hasil pengembangan terakhir.

Lalu mengapa disebut hybrid? Aki jenis ini disebut hbrid dikarenakan teknologi ini merupakan jenis perpaduan dari aki konvesional basah dan juga aki kering (maintenance free).

Aki hybrid sebenarnya masih menggunakan cairan elektrolit seperti aki basah namun kadar penguapanya sangatlah minim. Berbeda dengan aki basah, aki hybrid sudah berisi cairan elekrolit sejak dari pabrik dan memiliki strum, sehingga bisa langsung digunakan seperti aki kering.

MENGENAL TIPE AKI MOBIL

Perlukah kita mengenal tipe aki mobil? Jawabannya ya, ketika aki mobil sudah melemah atau soak, tentu saja pemilik mobil perlu melakukan pergantian. Pergantian aki tidak bisa dilakukan sembarangan, dan harus sesuai dengan spesifikasi dari kendaraan. Selain jenis aki, TIPE aki juga harus diperhatikan saat hendak melakukan pergantian. Berikut adalah 3 tipe aki mobil yang ada disekitar kita.

1. TIPE AKI JIS (Japanese industrial standard)

Tipe aki JIS (Japan industrial standard) adalah tipe aki yang paling sering kita jumpai di pasaran. Ciri-ciri aki tipe aki jis adalah kutub nya atau kepala aki berada diatas permukaan aki dan pada aki berkapasitas ampere kecil seperti, 32Ah,35Ah dan 45Ah kutub positif (+) sedikit lebih besar dari kutub negatif (-). Tidak seperti aki yang berkapasitas besar mulai dari 50Ah keatas.

2. TIPE AKI JASO (Japanese Automotive Standar Organization)

Selain aki JIS ada juga aki yang berdimensi body kecil namun kapasitas ampere nya besar. Aki tersebut dinamakan dengan aki JASO. JASO merupakan kepanjangan dari japanese automotive standard organization. Aki jaso secara fisik dan dimensi memiliki kesamaan dengan aki JIS. Hanya saja memiliki kapasitas amper lebih besar dari aki JIS. Biasanya pemilik mobil yang menggunakan aki JASO adalah orang yang memiliki aksesoris tambahan seperti audio dan lampu, karena semakin banyak tambahan aksesoris maka amper pada aki pun harus diupgrade agar aki tidak cepat tekor.

3. TIPE AKI DIN

Aki tipe DIN adalah sebuah standar yang digunakan untuk mengklasifikasikan ukuran dan kapasitas aki mobil. DIN singkatan dari “Deutsche Industrie Norm” yang berarti “Standar Industri Jerman”. Standar ini dikembangkan oleh Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VDA) dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1964.

Tipe DIN mengacu pada dimensi fisik dan kapasitas listrik dari aki mobil. Setiap tipe DIN memiliki kode numerik yang menunjukkan dimensi dan kapasitasnya. Contohnya, tipe DIN yang umum digunakan untuk aki mobil adalah DIN 45, DIN 55, DIN 66, dan DIN 88. Angka tersebut mengacu pada kapasitas aki dalam ampere-jam (Ah). Semakin tinggi angka DIN, semakin besar kapasitas aki.

Tipe DIN untuk aki mobil umumnya digunakan di mobil-mobil produksi Eropa, terutama mobil-mobil Jerman. Standar DIN awalnya dikembangkan oleh Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VDA) dan banyak digunakan oleh produsen mobil Jerman seperti BMW, Mercedes-Benz, Audi, Volkswagen, dan lainnya. Namun, ini tidak berarti bahwa tipe DIN terbatas hanya untuk mobil-mobil Eropa. Aki tipe DIN juga dapat digunakan dalam mobil-mobil dari merek lain di seluruh dunia.

Tipe-tipe aki mobil yang umum digunakan masyarakat di Indonesia

Berikut adalah penggunaan umum untuk tipe-tipe aki mobil dan pengaplikasiannya

TIPE NS40 dan NS40Z/NS40ZL:

  • Biasanya digunakan pada mobil dengan mesin kecil hingga sedang, seperti mobil kompak, sedan kecil, atau hatchback.

TIPE NS60/NS60L:

  • Digunakan pada mobil dengan mesin sedang, seperti sedan, hatchback, atau SUV kecil.
  1. N50 dan N50Z:
  • Digunakan pada mobil dengan mesin sedang hingga besar, seperti SUV, sedan berukuran sedang, atau kendaraan komersial ringan.
  1. NS70, N70, dan NS70Z:
  • Biasanya digunakan pada mobil dengan mesin sedang hingga besar, seperti SUV, sedan berukuran besar, atau kendaraan komersial ringan.
  1. N100:
  • Digunakan pada mobil dengan mesin besar, seperti SUV besar, kendaraan komersial ringan, atau kendaraan kelas berat.
  1. N120:
  • Digunakan pada mobil dengan mesin besar, seperti SUV besar, van, atau kendaraan kelas berat.
  1. N150:
  • Digunakan pada kendaraan komersial atau kendaraan berat yang memerlukan kapasitas daya tinggi, seperti truk besar atau bus.

Penggunaan tipe aki dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan kendaraan, termasuk ukuran dan jenis mesin, tingkat daya listrik yang diperlukan, dan kondisi penggunaan. Penting untuk memeriksa panduan kendaraan atau berkonsultasi dengan teknisi otomotif untuk memastikan bahwa tipe aki yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan spesifik kendaraan Anda.

APA SIH KEUNGGULAN AKI GS ASTRA?

Aki GS Astra memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya populer di pasaran. Berikut adalah beberapa keunggulan umum aki GS Astra:

  1. Teknologi AGM (Absorbent Glass Mat): Aki GS Astra menggunakan teknologi AGM yang memiliki separator kaca serat berpori untuk menyerap elektrolit. Ini memberikan keunggulan dalam penyerapan dan distribusi elektrolit, sehingga memberikan daya start yang kuat dan stabil.
  2. Kinerja yang Andal: Aki GS Astra dirancang untuk memberikan kinerja yang andal dalam berbagai kondisi. Mereka menawarkan daya start yang tinggi, tahan terhadap getaran, dan mampu menghadapi suhu ekstrem.
  3. Pemeliharaan yang Rendah: Aki GS MF merupakan aki yang maintenance-free (bebas perawatan). Mereka tidak memerlukan pengisian ulang air aki, sehingga memberikan kemudahan penggunaan dan perawatan.
  4. Umur Pakai yang Panjang: Aki GS Astra memiliki umur pakai yang panjang dan tahan lama. Mereka memiliki konstruksi yang kokoh dan mampu bertahan dalam penggunaan jangka panjang.
  5. Keamanan yang Tinggi: Aki GS Astra dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan seperti katup pelepasan gas (VRLA) yang mengurangi risiko kebocoran asam dan eksplosi.
  6. Lingkungan yang Ramah: Aki GS Astra memenuhi standar lingkungan dan bebas dari bahan berbahaya seperti timbal dan kadmium

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.